Jumat, 24 Mei 2013

Praktikum Hukum Archimedes

hello blogger , gue mau berbagi dikit nih , baru-baru ini gue dapet tugas disuru membuat laporan praktikum hukum archimedes fisika , awalnya gue gak ngerti , tapi setelah gue tanya guru dan temen-temen gue , gue bisa nyelesaiin tugas ini , emang sih nilainya ngga sempurnaa hehe , karena banyak kekurangan . semoga bermanfaat aja deh


I.    Judul                        : Praktikum Hukum Archimedes

II. Tujuan                        : 1. Mengetahui Perbedaan Kemurnian air di dalam Teori dan Praktek  menggunakkan  Hukum Archimedes dan mengetahui  perbedaan antara pengukuran dengan hasil perhitungan
III. Alat/Bahan             : 1. Neraca
                                2. Beban ( Batu)
                                3. Gelas Ukur
                                4. Air
                                5. Benang
IV. Dasar Teori             : Suatu beban di timbang dengan neraca di udara lalu di masukkan ke dalam air , dimana setelah dimasukkan ke dalam air berat beban tersebut lebih ringan dari berat di udara , ini membuktikan bahwa air memberi gaya tekan ke atas terhadap beban yang dimasukkan ke dalam gelas ukur yang berisi air ( Hukum Archimedes) . Secara sistematis hukum archimedes memiliki rumus :
                                      FA = ρa Va g . 
                                      Ket :  1. FA = Gaya angkat ke atas pada benda (N)
                                                2. ρa = massa jenis zat cair (kg/m3)   
                                                3. Va = Volume air (m3)
                                                4. g = Percepatan gravitasi bumi (m/s2)









V. Langkah Percobaan :
                                      1. Pertama siapkan alat dan bahan yang akan digunakkan dan masukkan  air ke dalam gelas ukur serta catat volume awal air.
 






                                        2. lalu setelah bahan siap , ikat beban dengan benang lalu timbang dengan neraca  , lalu catatlah berat beban di udara .
                                       3. lalu setelah mendapat berat beban di udara , masukkan beban ke dalam gelas ukur yang berisi air , namun dalam keadaan terapung , dan catatlah perubahan berat beban dan perubahan volume air .
 







                                      4. Lakukanlah langkah percobaan ini berulang kali dengan beban yang berbeda dan catat hasil yang di dapatkan dalam table Data hasil percobaan.



VI. Data Hasil Percobaan         :
No
F udara


F air


V awal
V akhir
1
6,2 N


3,2N


1000ml
1290ml
2
2,4N


1,5N


1000ml
1080ml
3
2,8N


1,5N


1000ml
1136ml
4
2,2N


1,2N


1000ml
1102ml
5
2,6N


1,25N


1000ml
1130ml






VII . Pengolahan Data            :
1.      Benda 1 :
ρ = Fudara – F air
            g.ΔV 
  =              6,2N – 3,2N
        10 m/s2 . (1290-1000).10-6
  =                  3
           10m/s2 . 290.10-6
  =  1034,4 Kg/m3                         1,03 g/cm3

2.      Benda 2 :
ρ = Fudara – F air
            g.ΔV  

  =         2,4N -1,5N             =                 0.9N                  = 1022,7 Kg/m3            1,02 g/cm3
     10m/s2 .(1088-1000).10-6    10m/s2 .(1088-1000).10-6       
3.       Benda 3 :
            ρ = Fudara – F air
                        g.ΔV  
               =              2,8N – 1,5N
                     10m/s2 .(1136-1000).10-6
               =              1,3N              = 955,8 kg/m3          0,95 g/cm3
                     10m/s2 . 136.10-6

4.      Benda 4 :
       ρ = Fudara – F air
                     g.ΔV  
          =             2,2N – 1,2N
               10m/s2 .(1102-1000).10-6
          =            1               = 980,3 Kg/m3             0,98 g/cm3
              10m/s2 .102.10-6


5.      Benda 5

       ρ = Fudara – F air
                     g.ΔV  
          =              2,6N – 1,25N
                10m/s2 . (1130-1000).10-6
          =           1,35                = 1038,4 Kg/m3          1,03 g/cm3
                10m/s2 . 130.10-6

                                                         

6.      Rata-rata dari percobaan 1-5
 ρ = Fudara – F air
                     g.ΔV  
         =            3,24N – 1,73N                        
               10m/s2 . (1149,2 – 1000) .10-6
               =                 1,47N
                              10m/s2 . 149,2.10-6
          = 985,2 Kg/m3              0,98 g/cm3
Pembahasan :
Praktikum yang dilakukan dari percobaan benda 1 sampai percobaan benda 5 mengalami berbagai perbedaan dari kemurnian asli air di teori , di dalam teori kemurnian air dikatakan 1% , namun dalam praktikum , kemurnian air yang di dapat dari percobaan benda 1 sampai 5 yang didapat berbeda antara 1-10% dari kemurnian air asli yaitu 1% . hal ini kemungkinan dikarenakan karena alat dan bahan yang digunakkan kurang mengkhusus dan disamping itu juga praktika kurang teliti dalam melakukan percobaan , seperti akurasi gelas ukur yang tidak pas , menghitung yang kurang tepat , kurang teliti di dalam menghitung saat pengukuran dan berbagai hal kecil lainnya yang dapat mempengaruhi perhitungan .





VIII . Penutup
1.      Kesimpulan :
a.        Berdasarkan percobaan di atas diketahui bahwa berat beban di air dengan di udara berbeda .berat benda ( beban) di udara lebih besar dibandingkan berat beban di air . dan juga kemurnian air yang dikatakan dalam teori 1% berbeda dengan hasil praktikum yang dilakukan , perbedaan yang didapat antara 1-10% dari kemurnian air asli , yang dikarenakan karena kecerobohan praktika dalam menghitung dan mencatat hasil percobaan serta kurang teliti dalam memilih alat dan bahan terutama gelas ukur yang kurang akurat dan berakurasi lemah .


2.      Saran :
a.       Sebaiknya siswa menyiapkan alat dan bahan serta segala perlengkapan praktikum secara matang dan siap , baik alat , bahan , kelompok praktikum , Jas lab dan mengetahui apa tujuan percobaan yang akan dilakukan serta mengetahui materi hukum Archimedes dan fluida secara mendalam agar praktikum berjalan lancar dan praktika harus lebih teliti dalam melakukan percobaan agar percobaan yang didapat bisa sesuai dengan teori yang dikemukakan di buku panduan , serta juga praktika harus cerdas dalam memilih alat yang akurat digunakkan dalam melakukan percobaan .

                         


 ini nih tugas yang gue buat sebagai tugas akhir semester 2 . hehe maklum masih jauh dari sempurna , buktinya gue cuuma dapet 86 -______- . semoga bermanfaat bagi kalian yaa ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar